Tugas 1
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan dari input device ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di Main Memory, apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
Input Device
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
b. Mouse
c. Touchpad
d. Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
f. Barcode
g. Scanner
h. Mikropon dan Headphone
i. Graphics Pads
j. Floppy Drive
k.CD-ROM
l. Webcam
Output Device
Output device adalah peripheral terakhir yang bertugas untuk menampilkan/mencetak semua proses kerja yang telah dilaksanakan CPU. Output device berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Macam-macam output device antara lain :
a. Monitor
b. Printer
c. Speaker
d. Headphone
Input / Output Port
Input/output port adalah saluran masukan/keluaran data dari komputer.
Control Bus
Control bus adalah bus yang digunakan untuk mengirim sinyal sebagai pemberitahuan akan dikirimnya suatu informasi. digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus.
Data Bus
Data bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi. Selain itu data bus diartikan pula sebagai perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
Address Bus
Address bus merupakan jalur transportasi alamat dari main memory untuk data atau instruksi yang akan diambil atau direkam. Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
CPU (Central Processing Unit)
CPU yaitu sebuah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.
ALU
ALU yaitu unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
CU (Control Unit)
Control Unit (Unit Kontrol) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.
Tugas CU
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
- Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
- Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
- Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja.
- Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Main Memory (Memory Utama)
Main Memory merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Main memory digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.
RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.
RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:
1. Data untuk diproses.
2. Instruksi atau program, untuk memproses data.
3. Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary
storage atau juga communication device.
4. Instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari system Komputer.
Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM yang merupakan memori yang dapat di akses (dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer).
Jenis-jenis RAM :
- SDRAM ( Synchronous Random Acces Memory )
- DDRAM ( Double Data Rate Random Acces Memory )
- RDRAM ( Rambus Dynamic Random Acces Memory )
- VGRAM ( Video Graphic Random Acces Memory )
ROM (Read-only Memory)
ROM yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random). ROM berbeda dengan RAM.. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).
Tugas 2
Pemanfaatan software di segala bidang
1. Bidang Pendidikan
a. untuk data siswa
b. perpustakaan elektronik
c. administrasi
2. Bidang Kesehatan
a. administrasi rumah sakit
b. database karyawan
c. administrasi apotik
3. Bidang Militer
a. sistem persenjataan saat berperang
b. untuk megetahui keberadaan musuh (GPS)
4. Bidang Perbankan
a. transaksi keuangan (ATM)
5. Bidang Industri
a. mengendalikan mesin-mesin
6. Bidang Konstruksi
a. prancangan bangunan (contoh : Auto Cad)
b. perhitungan dan analisis kekuatan (contoh : SAP 2000)
7. Bidang Perdagangan
a. kasir
8. Bidang Transportasi
a. pengatur jadwal penerbangan untuk pesawat
b. pemesanan tiket
9. Bidang Kriminalitas
a. Pencarian tersangka dengan sidik jari
1. Bidang Pendidikan
a. untuk data siswa
b. perpustakaan elektronik
c. administrasi
2. Bidang Kesehatan
a. administrasi rumah sakit
b. database karyawan
c. administrasi apotik
3. Bidang Militer
a. sistem persenjataan saat berperang
b. untuk megetahui keberadaan musuh (GPS)
4. Bidang Perbankan
a. transaksi keuangan (ATM)
5. Bidang Industri
a. mengendalikan mesin-mesin
6. Bidang Konstruksi
a. prancangan bangunan (contoh : Auto Cad)
b. perhitungan dan analisis kekuatan (contoh : SAP 2000)
7. Bidang Perdagangan
a. kasir
8. Bidang Transportasi
a. pengatur jadwal penerbangan untuk pesawat
b. pemesanan tiket
9. Bidang Kriminalitas
a. Pencarian tersangka dengan sidik jari
Kelompok :
Septi Arnita
Gyka Kastanya
Farah Novianda Putri
Syifah Paujiah
Devi Yulia Eka Putri
Rizki Wulan Ramadhan
0 comments:
Posting Komentar