Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
gak tau
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas III PTSI C


MULTIMEDIA

PENGERTIAN MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA SERVER UNTUK APLIKASI E-EDUCATION DI ITTELKOM

Sumber :
Yudha Purwanto
Instansi ITTelkom

            Abstrak Jaringan data LAN yang dimiliki ITTelkom saat ini masih jarang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kampus. Jaringan data di ITTelko dibagi dalam dua domain ialah jaringan packet switch dan circuit switch. Jaringan packet switch diimplementasikan dalam bentuk wired LAN dan Wireless LAN. Sedangkan jaringan circuit switch diimplementasikan dalam jaringan telefon local PABX. Utilitas penggunaan jaringan LAN internet di lingkungan LAN ITTelkom dengan trafik ke arah upstream internet. Padahal jaringan data di IT Telkom sangat mampu digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di kampus. Aplikasi e-education dengan tambahan service multimedia yang melewati jaringan data sebagai tool dari knowledge management system sangat menarik untuk direalisasikan. Multimedia yang integrasikan dalam sebuah website sebagai interface, memiliki unsur tampilan yang interaktif dan mudah di mengerti user untuk memanfaatkan aplikasi multimedia tersebut. Akan dilakukan desain dan implementasi untuk membuat sebuah tool KMS e-education dengan service multimedia, untuk melakukan aktivitas , download data akademik, video streaming, percakapan VoIP maupun video call di jaringan data ITTelkom.

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DALAM TOKO BUKU
Sering kita lihat di toko buku ternama, terdapat sebuah computer yang difungsikan untuk mencari letak buku yang akan dicari. Dalam system tersebut, di gunakan multimedia sebagai bahan dasarnya. Sebagai contoh, user ingin mencari buku dengan kata kunci “multimedia” ternyata muncul 10 buku dengan judul yang cocok, ketika di pilih salah satu muncul informasi yang berbunyi “buku masih ada di lantai 5”. Coba dibandingkan jika informasi yang disajikan tidak detail, tentu saja user akan kebingungan mencari buku tersebut. Dan apabila user masih sulit untuk menemukan buku tersebut, user dapat melihat denah dimana buku itu diletakan . Informasi yang disajikan pun sangat detail, user dapat tahu di rak mana buku itu diletakan.

Inilah gambaran informasi yang disajikan dalam bentuk multimedia. Dengan informasi yang di buat dengan memadukan tulisan, gambar dan suara dipastikan kualitas informasi akan meningkat. Peningkatan kualitas informasi ini dapat kita lihat terutama dari sisi akurasinya. Ketepatan waktu informasi sampai kepada pengguna informasi juga dapat ditingkatkan. Contoh informasi multimedia yang dapat menjamin bahwa informasi sampai dengan tepat kepada pengguna yang membutuhkan adalah informasi berupa text yang di sampaikan menggunakan media suara (berupa alert) dan text yang berupa notifikasi short message service (sms).


Kelompok :
Septi Arnita
Gyka Kastanya
Farah Novianda Putri
Syifah Paujiah
Devi Yulia Eka Putri
Rizki Wulan Ramadhan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar