Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
gak tau
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KEINDAHAN DALAM ARTI SELUAS-LUASNYA


BAB III
Filsuf merumuskan keindahan sebagai kesatuan hubungan yang terdapat antara pencerapan-pencerapan inderawi kita (beaty is unity of formal relations of our sense perceptions). Sebagian filsuf lain menghubungan pengertian keindahan dengan ide kesenangan (pleasure), yang merupakan sesuatu yang menyenangkan terhadap penglihatan atau pendengaran. Filsuf abad pertengahan Thomas Aquinos (1225-1274) mengatakan, bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bilamana dilihat.
Keindahan berasal dari kata indah yang berarti bagus, cantik, elok dan molek.Keindahan identik dengan kebenaran segala yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah. Keindahan yang bersipat universal, yaitu keindahan yang tak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat atau daerah tertentu.
Keindahan dalam arti luas, menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. Untuk ini bisa dilihat misalnya dari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah dan hukum yang indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan; Plotinus yang ber bicara tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah atau bisa pula disimak dari apa yang biasa dibicar akan oleh orang-orang Yunani mengenai buah pikir an yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Bangsa Yunani juga mengenal pengertian keindahan dalam arti estetik disebutnya “Syimmetria” , untuk keindahan berdasarkan pengelihatan (misalnya pada seni pahat dan arsitektur) dan “Har monia” untuk keindahan bedasar kan pendengaran (musik). Jadi pengertian yang seluas-luasnya meliputi :
-          Kei ndahan Seni
-          Keindahan Alam
-          Keindahan Mor al
-          Keindahan Intelektual
Refrensi :
http://masuk.blogrezzaprawiratama.co.cc/2010/04/apa-siihh-keindahan-itu.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar