Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
gak tau
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

HUBUNGAN ILMU BUDAYA DASAR DENGAN KEBUDAYAAN


Sebagai manusia secara sadar atau tidak sadar kita sering berinteraksi dengan sesama manusia yang mempunyai kebudayaan yang sangat beragam. Inilah yang disebut dengan hubungan Ilmu budaya dasar dengan kebudayaan. Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi . Dalam penerapanya kebudayaan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional.
Perubahan kebudayaan pada dasarnya tidak lain dari para manusia yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan itu. Perubahan itu terjadi karena manusia mengadakan hubungan dengan manusia lainnya, atau karena hubungan antara kelompok manusia dalam masyarakat. Tidak ada kebudayaan yang statis, setiap perubahan kebudayaan mempunyai dinamika.
*         Hubungan ilmu budaya dasar dengan kebudayaan mengenai hak milik suatu budaya.
- Kritik :
Negara indonesia kaya akan budaya yang ada di dalamnya itu disebabkan karena adanya keanekaragaman suku bangsa di Indonesia. Budaya indonesia kini sudah mulai tersingkirkan karena masuknya budaya-budaya barat yang saat ini masyarakat menganggap sebagai suatu hal yang menarik. Namun ketika budaya indonesia diklaim oleh Negara tetangga, mengapa masyarakat baru memulai melestarikan budaya Indonesia. Salah satunya adalah Lagu Rasa Sayang-sayange yang diklaim oleh Pemerintah Malaysia. Rasa Sayange atau Rasa Sayang-Sayange adalah lagu daerah yang berasal dari Maluku, Indonesia. Lagu ini digunakan oleh departemen Pariwisata Malaysia untuk mempromosikan kepariwisataan Malaysia, yang dirilis sekitar bulan Oktober 2007. Klaim Malaysia itu adalah salah, bukti tersebut akhirnya ditemukan ‘Rasa Sayange diketahui direkam pertama kali di perusahaan rekaman Lokananta Solo 1962. Mengapa masyarakat Indonesia tidak mempublikasikan lagu ini dari sejak dulu, ketika kebudayaan sudah dirampas barulah mereka sadar pentingnya budaya Indonesia.

- Saran :
            Setiap kelompok masyarakat mempunyai suatu pengetahuan mengenai kebudayaannya tersebut yang tidak sama dengan kelompok lainnya, hal ini disebabkan oleh pengalaman dan proses belajar yang berbeda dan karena lingkungan-lingkungan yang mereka hadapi tidak selamanya sama. Maka hargailah kebudayaan yang kalian miliki, karena kebudayaan berasal dari generasi sebelumnya dan pewarisannya kepada generasi berikutnya dilakukan melalui proses belajar dan dengan menggunakan simbol-simbol yang terwujud dalam bentuk yang terucapkan maupun yang tidak.

Refrensi :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar