Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
gak tau
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Makanan Sehat Tidak harus Mahal

 
           Rabu  tepatnya tanggal 13 maret 2013 pukul 8.30 ibu saya ingin pergi mengaji di mushola dekat rumah. Karena ibu pulangnya siang nanti dan saya pun ditugaskan untuk berbelanja sayur di langganan tukang sayur saya yang biasa lewat didepan rumah pukul 10.00 . Singkat cerita saya di beri selembar kertas belanjaan yang berisi beberapa sayur yang ingin dibeli saat itu saya tertegun melihatnya bayangkan saja total belanjaan hanya Rp 13.000, dalam hati sayapun tersenyum bangga dengan ibu yang pandai memanage uang belanja harian. Semenjak kepergian bapak memang ibu sangat hati-hati dalam mengeluarkan uang untuk keperluan sehari-harinya, termasuk uang belanja harian.
 
           Pembaca pasti mengira bahwa belanjaan yang saya dapat hanya untuk 1 porsi, salah besar jika mengira seperti itu. Kenyataanya belanjaan yang saya dapat adalah untuk lauk makan sebanyak 8 porsi terdiri dari 4 porsi siang dan 4 porsi untuk sore, semakin penasaran bukan apa yang ingin ibu masak . Postingan yang saya buat memang sangat ditujukan pada ibu-ibu rumah tangga yang ingin membuat masakan yang enak, bergizi dan pastinya hemat hihi.

            Belanjaan yang saya dapat terdiri dari tahu, tempe, tauge, timun, cabe dan bawang. Pembaca pasti mengira bahwa masakanya tidak mengundang selera, wah tunggu dulu lihat nanti apa yang terjadi selanjutnya. Bagi warga Cirebon pasti sangat kenal dengan masakan yang satu ini, yah nasi lengko yang terkenal dengan rasanya yang enak dan tentunya sehat. Masaknya sangat simple bahkan sangat sangat simple, hanya menggoreng tahu dan tempe lalu siangi timun dan tauge terakhir buat sambal uleknya yang di siram dengan minyak panas dan bawang goreng.
 



Ini adalah tempe dan tahu goreng, Tauge dan timun serta sambal pedasnya.

            Semua berada dilemari makan, untuk meraciknya dilakukan sendiri sesuai selera. Caranya sangat mudah,

ü  Ambil nasi hangat sesuai porsi makananmu, lalu potong dadu timun kemudian campurkan bersama tauge dan nasi.



ü  Potong dadu tempe dan tahu lalu taburkan diatasnya.



ü  Siram dengan sambal sesuai selera, karena saya suka sekali pedas jadi digambar ini sambalnya memenuhi hampir semua sudut piring dan terakhir tambahkan kecap di sekelilingnya.

 

            Pembaca pasti bertanya-tanya rasanya seperti apa makanan sederhana itu, yah memang menunya sederhana tapi jika dipadukan menjadi satu bahan-bahan tadi rasanya jempol banget. Serius loh beneran enak, boleh dicoba dirumah masing-masing. Kesimpulanya untuk membuat makanan enak dan sehat tidak harus mahal, nasi lengko yang simple pun mempunyai kandungan gizi yang cukup besar. Selamat mencoba J

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar