Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
gak tau
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENGERTIAN SENI


Seni berasal dari kata SANI yang artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Ada sejumah definisi seni dari beberapa sumber yang saya dapat, diantaranya:
1.      Seni merupakan ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, yang mengandung unsur-unsur keindahan, dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.
2.      Seni merupakan hasil ungkapan rasa keindahan, sedih , gembira dan lainnya. Wujudnya dapat berupa lukisan , pahatan , grafis , tari , musik , dan lainnya.
3.      Seni dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang terkandung unsur keindahan.
KESENIAN DIBAGI 4 JENIS :
1.      Seni Musik adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk nada dan syair yang indah. Seni musik juga dapat diartikan sebagai bagian dari aktivitas kultur dan sosial manusia , dimana seni music digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan idenya. Dalam Seni Musik terdapat 2 (dua) unsur yaitu :
-          Vocal adalah alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia.
-          Instrument adalah nada-nada yang keluar dari alat musik yang digunakan.

  1. Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Dalam seni rupa terdapat tiga kategori yaitu:
-          Seni rupa murni
-          Seni rupa kriya
-          Seni rupa desain

  1. Seni Drama adalah curahan perasaaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak bercerita yang diramu dengan musik yang sesuai. Di Indonesia, pertunjukan sejenis drama mempunyai istilah yang bermacam-macam, seperti:
-          Wayang orang
-          Ketoprak
-          Ludruk (di Jawa Tengah dan Jawa Timur)
-          Lenong (Betawi)
-          Randai (minang)
-          Reog (Jawa Barat)
-          Rangda (Bali) dan sebagainya.

4.      Seni Tari adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak anggota badan yang teratur dan berirama. Unsur-unsur tari terbagi menjadi 3 yaitu:
-          WIRAGA yaitu gerak utama dalam tari
-          WIRAMA yaitu irama yang menyatu dengan tarian
-          WIRASA yaitu penghayatan penari terhadap gerak tari yang dilakuka

Refrensi :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar