Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
gak tau
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perjuangan Mendapatkan Gelar Asisten


            Pada bulan juni tahun 2013 ini sudah dibuka pendaftaran asisten Laboratorium Sistem Informasi  untuk mahasiswa yang telah menempuh 4 semester. Jadi teringat kurang lebih 1 tahun yang lalu saat saya mendaftar menjadi asisten Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma tahun 2012.  Sangat membekas sekali kenangan saat itu, saya ingat sekali detik detik memperjuangkan gelar asisten (hihi sedikit berlebihan)lucu dan menegangkan.

            Saat itu saya dan teman-teman sedang melihat papan pengumuman yang ada di loby Gunadarma. Ternyata saya melihat lembaran kertas berisikan pengumuman penerimaan asisten baru untuk Laboratorium Sistem Informasi. Ketika membaca dahi kamipun mulai mengerut, persyaratanya untuk tes program yang membuat wajah kami berubah seketika. Saya ingat saat itu syaratnya tes program, tutor dan wawancara. Untuk tutor dan wawancara kami tidak permasalahkan.

            Kami melihat 4 tes program yang diantaranya bahasa pemrograman java, excel macro, pascal dan flash. Kami hanya mengenal 1 bahasa pemrograman saja yaitu pascal yang membuat saya sedikit psemis. Namun saya tidak akan mau kalah sebelum berperang, saya putuskan untuk mencoba mendaftar. Setelah mendaftar saya diharapkan untuk mengikuti brifing calon asisten baru. Mba widya selaku pengurus mengutarakan syarat-syarat untuk mengikuti tes penerimaan calon asisten.

            Saat brifing kamipun dibuat gelisah, gimana tidak keberuntungan kita berada pada tangan kita saat memiilih kertas kocokan. Sempat terjadi kejadian lucu sekaligus memalukan. Ketika nama saya dipanggil sayapun bingung kertas yang mana yang di ambil dan semuapun tertawa (sangat memalukan haha). Akhirnya saya mendapatkan nomor urutan ke 7 untuk tutor, dan mendapatkan 2 tes bahasa pemrograman yaitu excel  macro dan flash. Padahal saya sangat mengharapkan mendapat pascal , karena 2 bahasa pemrograman yang saya dapat tidak ada yang saya kenal.

            Menuju H-4 saya mengumpulkan tutorial-tutorial excel macro dan flash, sayapun belajar secara otodidak. Saat H-2 saya dan teman-teman belajar bareng, kebetulan aji dan oca mendapatkan tes yang sama dengan saya. Kamipun belajar bersama dan memecahkan masalah yang kurang dimengerti. Saat H-1 inilah saat-saat dimana puncak perjuangan saya, saya begadang dan hanya tidur 2 jam dipotong dengan saur. Saya berdua dengan oca belajar bersama dan berbagi keluh kesah di telepon sampai tengah malam. Kamipun menyiapkan strategi-strategi saat tutor, gimana caranya strategi saat ditanya namun kita tidak mengerti. Saya berlatih menjadi tutor dikaca , aneh sekali saat itu sampai pengulangan sebanyak 5 kali hehe.

            Hari yang ditunggupun datang juga akhirnya , pukul 8.00 tepat kami harus sudah berada di lab. Saya ingat saat itu bulan puasa bulan yang penuh berkah, yang membuat saya semangat untuk menghadapi tes itu. Jantung saya rasanya mau copot saat dimulai, seperti lari keliling gunadarma 10 putaran tanpa henti. Sayapun mencoba merilekskan pikiran, untuk tes pertama adalah tes excel  macro Alhamdulillah lancar dan ternyata programnya jalan. Tes kedua flash, dari 3 soal yang ada saya hanya menyelesaikan 2 animasi dan 1 animasinya belum jalan, sedikit kecewa pastinya.


            Ketiga tes tutor, saking groginya saat itu sampai keringat saya sebiji jagung padahal lab dalam keadaan dingin dengan ac yang menyala.  Keempat wawancara, disini saya sedikit rileks karena memang seperti mengobrol saja dan terkadang saya tertawa disela wawancara itu. Pengumuman calon asisten yang diterima melalui sms. Saya mengucap syukur Alhamdulillah ketika menerima sms yang berisi saya diterima menjadi asisten. Sederetan kisah-kisah saat tes asisten membuat saya bangga mendapat gelar asisten Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma sampai saat ini.


Ini poto asisten-asisten laboratorium sistem informasi Universitas Gunadarma di majalah UGnews

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar